Manfaat dan Kegunaan Arang Aktif

Manfaat dan Kegunaan Arang Aktif

Manfaat dan Kegunaan Arang Aktif – Arang aktif (activated charcoal) merupakan substansi alami ampuh yang bisa digunakan untuk menjebak racun dan bahan kimia di dalam tubuh, sehingga memungkinkan untuk dikeluarkan dan tidak diserap kembali.

Arang aktif dibuat dari berbagai sumber, tetapi ketika digunakan untuk penyembuhan alami, penting memilih yang terbuat dari batok kelapa atau sumber alami lainnya

Salah satu penggunaan arang aktif paling populer adalah untuk pengobatan keracunan dan overdosis obat.

Selain itu, arang aktif juga digunakan untuk mengurangi kembung dan gas, menurunkan kolesterol, mengobati masalah aliran empedu dengan aman selama kehamilan, dan bahkan mencegah mabuk.

Penelitian menunjukkan arang aktif bekerja lebih baik daripada pemompaan perut (bilas lambung) dalam beberapa situasi.

Jadi, bagaimana cara kerja arang aktif? Arang aktif bekerja dengan menjebak racun dan bahan kimia dalam jutaan pori-pori kecilnya. Cara kerja arang aktif disebut sebagai adsorpsi dimana unsur racun terikat ke permukaannya. Permukaan berpori arang aktif memiliki muatan listrik negatif yang menyebabkan racun dan gas bermuatan positif terikat dengannya.

Pori-pori dalam arang aktif terbentuk melalui proses pemanasan. Penting untuk diperhatikan bahwa arang aktif bukan arang yang digunakan untuk barbekyu atau membuat sate. Arang barbekyu mengandung racun dan bahan kimia sehingga tidak boleh dikonsumsi

Memutihkan Gigi

Gigi bernoda akibat kopi, Minuman Manis, Anggur dan Juga Makanan Manis lainnya? Arang aktif membantu memutihkan gigi sekaligus mempromosikan kesehatan mulut dengan mengubah keseimbangan pH di mulut, membantu mencegah gigi berlubang, bau mulut, dan penyakit gusi.

Substansi ini bekerja memutihkan gigi dengan menyerap plak dan kotoran mikroskopis yang menodai gigi. Penggunaan arang aktif dianggap hemat biaya dan solusi alami untuk senyuman cerah.

HATI-HATI, menggunakan arang aktif bisa meninggalkan noda pada pakaian atau kain. Itu sebab, lindungi lantai, pakaian dan perabotan sebelum menggunakannya.

Mengurangi Gas & Kembung

Arang Aktif berguna juga untuk mengurangi gas dan kembung dengan mengikatkan produk sampingan mereka yang menyebabkan gas dan ketidaknyamanan nantinya. Sebuah studi juga telah membuktikan bahwa arang bisa menghilangkan gas dan juga kembung,

Mengobati Racun Dari Alkohol & Membantu Mencegah Mabuk

Sementara ini Arang memang tidak menyerap Alkohol arang aktif tetapi bisa membantu menghilangkan racun dari tubuh yang terdapat racun dari alkohol dan juga bisa mencegah mabuk anda pada saat minum alkohol.

Selain itu, arang aktif yang diambil pada waktu yang sama dengan alkohol dapat secara signifikan mengurangi konsentrasi alkohol dalam darah. Panduan First Aider dari Princeton University untuk Alkohol menyatakan arang aktif bisa diberikan dalam beberapa situasi yang berkaitan dengan alkohol.

Menyaring Air

Arang aktif menjebak kotoran dalam air termasuk pelarut, pestisida, limbah industri dan bahan kimia lainnya. Itu sebab, arang aktif digunakan dalam sistem penyaringan air di seluruh dunia. Namun perlu diketahui arang aktif tidak menjebak virus, bakteri, dan mineral air keras.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Canadian Dental Association, filter karbon aktif (arang aktif) mampu menghilangkan sebagian fluoride. Menghindari fluoride penting untuk kesehatan mulut, fungsi sistem kekebalan tubuh, serta ginjal dan hati yang sehat.

Itulah beberapa kegunaan dan juga manfaat dari arang aktif, semoga info ini bisa menambah pengetahuan dan juga wawasan anda serta juga anda tahu dari kegunaan arang aktif sekarang.

Back to Top